(Konsep Dasar Bimbingan Konseling dan Bimbingan Konseling Islam: Miftahul Jannah, Wirdania Nasution, Noveria Fradila, Putri Pramestia Ningrum).
Latar Belakang
Bimbingan dan Konseling adalah dua pengertian yang berhubungan dengan profesi pemberian pertolongan berupa bimbingan dan bantuan kepada individu atau sekelompok individu yang mengalami kesulitan dalam pendidikan.
Bimbingan ialah bantuan kepada orang dalam mengalami persoalan-persoalan yang bisa timbul dalam hidupnya. Dorongan semacam itu sangat pas bila diberikan di sekolah, agar siswa lebih tumbuh maksimal dalam hal kebaikan. Dengan demikian bimbingan sebagai bidang layanan spesial dalam totalitas aktivitas sekolah yang ditangani oleh para pakar dalam bidang tersebut. Dalam konteks pemberian layanan bimbingan konseling jika pemberian layanan bimbingan konseling meliputi layanan orientasi, data, penempatan serta penyaluran, pendidikan, konseling perorangan, bimbingan kelompok, serta konseling kelompok. Ketujuh layanan bimbingan konseling tersebut patut dicoba supaya tiap kasus yang dialami siswa bisa ditindaklanjuti secepatnya, sehingga tidak menggangu jalannya proses pendidikan.
Konseling merupakan salah satu bentuk hubungan yang bersifat membantu. Makna bantuan di sini yaitu sebagai upaya untuk membantu orang lain agar ia mampu tumbuh kearah yang dipilihnya sendiri, mampu memecahkan masalah yang dihadapinya dan mampu mengatasi krisis-krisis yang dialami dalam kehidupannya.
Keberadaan bimbingan konseling Islam yang diselenggarakan di lembaga pendidikan mempunyai urgensi yang sangat penting, karena terkait dengan pembinaan moral Islam peserta didik dalam rangka pengembangan kepribadian. Melalui bimbingan konseling Islam, peserta didik tidak hanya dibimbing dan dinasehati bagaimana ia harus bersikap dan berperilaku saja, tetapi juga bagaimana peserta didik menyadari akan perannya sebagai seorang muslim yang mempunyai kebutuhan akan kehadirat Tuhan. Jadi, peserta didik dibimbing untuk lebih meningkatkan ibadah dan mampu mengendalikan emosi sehingga tidak mudah rapuh ketika dihadapkan pada suatu persoalan.
Dalam bimbingan konseling Islam, siswa juga dibantu agar lebih menghargai kedua orangtua, guru serta teman-temannya. Selain itu bimbingan konseling Islam juga membantu siswa menghindari perilaku menyimpang dari norma-norma agama. Anak pada usia SD memasuki proses perkembangan yang optimal. Bimbingan konseling Islam memiliki peranan penting untuk memberikan rangsangan yang tepat pada proses perkembangan anak. Oleh karena itu, peranan bimbingan konseling sangatlah membantu dalam meningkatan watak yang baik pada siswa, serta perlu ditanamkan kepada siswa.
Rumusan Masalah
1. Bagaimana Konsep Dasar Bimbingan Konseling dan Bimbingan Konseling Islam?
2. Apa Pengertian Bimbingan Konseling Islam?
3. Apa Saja Tujuan Bimbingan Konseling Islam?
4. Bagaimana Urgensi Bimbingan Konseling Islam dalam Pembelajaran?
5. Bagaimana Peran Bimbingan dan Penyuluhan dalam Pendidikan?
Daftar Putaka
Amin, Safwan. 2014. Pengantar Bimbingan dan Konseling. Banda Aceh: Yayasan Pena.
Fatchurahman. 2017. Problematik Pelaksanaan Konseling Individual. (Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman). Volume 3, Nomor 2.
Tohirin, 2007. Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integras). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Diniaty, Amirah. “Urgensi Teori Konseling dan Perspektifnya dalam Islam Menjawab Tuntutan Konseling Religius di Masa Depan”. Al-Ta Lim Journal 20, No. 1. Februari 20, 2013.
Munir Amin, Samsul. “Bimbingan dan Konseling Islam”. Jakarta: Amzah, 2010.
Napitupulu, Dedi Sahputra. “Dasar-Dasar Konseling Dalam Alqur’an”. Al-Irsyad: Jurnal Pendidikan Dan Konseling 7, No. 2. 2017.
Dewa Ketut Sukardi, 2002. Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling, Jakarta: Rineka Cipta.
Mu’awanah Elfi dan Rifa Hidayah.2009. Bimbingan Konseling Islami. Jakarta: Bumi Aksara.
Samsul Yusuf dan A. Nurihsan, 2005. Landasan Bimbingan dan Konseling,Bandung: Remaja Rosdakarya.
W.S. Winkle, 1997. Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan, Jakarta: PT. Grafindo.
Hallen. 2002. Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Departemen pendidikan nasional.
Nurihsan juntika. 2006. Bimbingan dan konseling Islam dalam berbagai latar kehidupan. Jakarta: Departemen pendidikan nasional.
Prayitno dan Erman Anti. 1999. Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseli.ng. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Randi, M. S., Halimah, S., & Salamuddin, S. (2022). Development of Comic-Based Distance Learning Module in Islamic Religious Education Subjects. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, Vol. 5 Issue 1. https://www.e-journal.ikhac.ac.id/index.php/NAZHRUNA/article/view/1872
EmoticonEmoticon